Skip to main content

Tingkatkan Minat Masyarakat Membaca,Pemdes Bukit Makmur Bangun Perpustakaan Desa

MUKOMUKO.TEROPONGPUBLIK.CO.ID-Masyarakat Desa Bukit Makmur Merasa Senang Sekali Telah Di Bangun Perpustakan Desa Untuk Meningkatkan Minat Membaca. Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu akan memiliki Perpustakaan Desa (Perpusdes).

Demikian Perpusdes yang ingin dibangun terletak  Bergandengan dengan Kantor Pemerintah Desa (Pemdes) Bukit Makmur mengunakan Dana Desa tahap  ke Dua senilai Rp.44 juta dengan anggaran dari DD Tahap Dua Tahun anggaran 2021.

mukomuko

Kepala Desa Bukit Makmur, Suroso mengatakan, pembangunan perpustakaan desa menjadi salah satu program prioritas dalam upaya memaksimalkan pembangunan desa melalui Dana Desa (DD) Tahun 2021 yang bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat baca di desa serta bukti keseriusan Pemerintah Desa dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, berdaya saing dan mencerdaskan generasi muda.

Masyarakat sangat antusias, itu yang sangat mendorong kami untuk segera membangun dan memiliki gedung perpustakaan di Desa Bukit Makmur. Selain dari pada itu, manfaat kedepan dengan adanya perpustakaan desa, anak-anak dari Tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapat mengujungi Perpustakaan Desa untuk menambah bahan bacaan dan menimba ilmu,  jelas Suroso kepada media teropongpublik.co.id , Jum'at (04/09/2021).

mukomuko

Menurutnya, dengan buku, wawasan akan bertambah serta berkembang karena ilmu itu tidak statis melainkan terus belajar Meningkatkan gemar membaca atau minat baca adalah salah satu indicator dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM),  tegas Kades. Ia berharap, dengan masuknya buku-buku serta bahan bacaan lainnya ke desa akan muncul inovasi baru sehingga desa semakin maju.

''Saya berharap, dengan kehadiran Perpustakaan Desa anak-anak, remaja serta masyarakat lainnya akan sering berkunjung ke Perpustakaan Desa untuk terus membaca, karena Perpustakaan Desa ini adalah gerbang ilmu yang harus dijaga dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kita bersama.''tutup Kepala Desa Suroso.(KABIRO)(ADV)